June 02, 2009

Cerdas Finansial..coba cek keuanganmu..!!

pernah ngerasain kalo uang gaji bulan ini kok tiba-tiba lenyap ga?
atau ngerasain kalo aliran uang kita kaya air,,mengalir gitu aja..
cek ke atm..ga ada saldo (atau dikit banget)
cek tabungan,,ga ada jejak juga
nah lho..kalo salah satu kondisi di atas sedang kita alami..cobe cek yuk manajemen keuangan kita !

Dari beberapa artikel tentang manajemen keuangan yang aku baca, para financial planner menyarankan agar setiap dari kita memiliki disiplin keuangan sehingga penghasilan yang didapatkan selain bisa menopang kehidupan sehari-hari dari bulan ke bulannya, juga bisa menopang keidupan kita saat darurat atau setelah tak berpenghasilan sekalipun.

Untuk menunjukkan seberapa sehat keuangan kita, ada beberapa guideline yang dapat dipakai. Penghasilan kita setiap bulannya dapat dibagi kedalam : pengeluaran rutin, pengeluaran pribadi, cicilan hutang, dan tabungan/investasi. Untuk kondisi keuangan yg sehat, presentase pengeluaran rutin (20%-40%), pengeluaran pribadi (20 %), cicilan hutang (0- 30 %), dan tabungan/investasi (10%-30%).

Coba cek rasio pengeluaran rutin, pribadi, dan cicilan hutang. Rasio tersebut bisa dijadikan panduan kita untuk mengecek sejauh mana kesehatan keuangan kita. Yang paling penting, kita tahu kemana uang kita dibelanjakan,,untuk kebutuhan atau sekedar keinginan? Kalau untuk keinginan yang ga jelas..lebih baik dipikirin lagi manfaat nya kecuali kalo penghasilan kamu berlebih setelah dikurangi segala pengeluaran rutin dan tabungan/investasi. Intinya kita jujur pada diri sendiri tentang daya beli kita, dan disiplin dengan uang yang kita pakai.

Disarankan agar tiap bulannya memiliki tabungan minimal 10% dari penghasilan, yang bisa dipakai untuk keperluan darurat sewaktu-waktu. Lebih baik lagi kalau lebih dari 10%, jadi ada sisa penghasilan yang diinvestasikan untuk masa depan. skarang, coba cek tabungan kamu,, ada ga minimal 10% nya dari penghasilan yang dihasilkan selama ini ? kalau ada..selamat !! kamu sudah punya kesadaran untuk mengelola keuanganmu dengan sehat. Kalau ga ada..uups..o ow..cek lagi kondisi keuangan kamu, dan mulailan mendisiplinkan diri untuk menabung/investasi. (hihi..i'm gonna make a posting about this,,tungguin ya..)

ok,,selamat mengelola keuangan semuanya..be smart, for a better future..hehhe :)

*ditulis pas lagi ngitung2 budget pengeluaran bulan ini & bulan depan,,beli obat (sehat itu mahal..;p),, liburan-jalan2,,lampung surabaya,,huaaaa tenang2,,semua aman terkendali..=D

9 comments:

  1. Nah, mumpung lg ngitung2 budget pengeluaran bulan ini dan bulan depan, pas bgt tuh...
    jgn lupa ngalokasiin buat traktir aku yah, hehehe... ;)

    *it's me

    ReplyDelete
  2. Nda,,
    aku juga mau ditraktir :D

    btw,, mau ikut donk ke Lampung sama SUrabaya nyaaaaaaaaa...

    *sambil hitung budget & mikir,,cukup ga ya*

    ReplyDelete
  3. kok, gak disebutin sumber inspirasinya sih?? hehe ^^,

    ---setelah diskusi malam itu---

    ReplyDelete
  4. @nda
    yuuk k surabaya,,wisata kuliner, kl k lampung mah ga ada apa2,,itu jg krn ak mau k aliva..

    @tante angga
    maksiiiih anggaaa,,dasar tante narsis ^^

    ReplyDelete
  5. Mari kita mulai merencanakan masa depan dari sekarang..

    ReplyDelete
  6. mkasih tema postingannya, ada buku u referensi management keuangan yg bagus? :)
    mkasiy..

    ReplyDelete
  7. hmm,,buku seri manajemen keuangan nya safir senduk bagus kok.

    atau kl mau blog walking, mampir ke blognya safir senduk team aja k taufik..:)

    ReplyDelete