December 22, 2008

Cerita Ibu


Usai mendengar ceritamu, anakku, betapa beraganm ternyata dunia yang kita pijak ini.

Kau harus bersyukur dengan apa yang telah kau dapatakan selama ini. Betapa Sang Maha Pengasih tidak pernah berhenti memeberi KasihNya padamu, SayangNya padamu, sehingga engkau sekarang bisa dengan tegar berdiri di dunia yang menurut ibumu ini nak, sangat gampang untuk membuatmu sekedar mencoba kenikmatan sesaat.


Untuk masih bisa menjaga nilai-nilai yang kau yakini selama ini, engkau harus selalu bersyukur nak. Bersyukur bukan hanya dalam ucapan, tetapi juga dalam perbuatan, karena hakikatnya, bersyukur itu adalah mengoptimalisasaikan seluruh potensi yanga da pada dirimu di jalan kebaikan. Ah, optimalisasi, kata itu rumit tapi engkau pasti dapat memahaminya dengan mudah dan lebih tahu apa hakikat bersyukur sesungguhnya.


Seperti yang pernah engkau ceritakan pada ibumu," ibu, mengapa kebanyakan orang senang melakukan hal-hal yang dilakukan orang banyak, padahal menurutku itu tidak benar?". Nak, betapa polosnya pertanyaanmu, tapi ibu bersyukur karena kau masih mau untuk sedikit saja memahami, bahwa kebenaran tetaplah kebenaran walaupun sedikit orang yang akan melaksanakannya.


Banyak sekali orang-orang yang tidak mengenal dirinya karena ia belum atu tidak mengenal Tuhannya, maka itu anakku, sebaiknya senantiasalah engkau sempatkan untuk mengenal siapa TuhanMu, karena dengan mengenalNya engkau akan mengenal dirimu. Memiliki arahan hidup yang jelas dalam jalan yang benar adalah sesuatu yang tak ternilai harganya. Dengan itu kau pun tahu, bahwa ada kehidupan yang lebih berharga dari ini semua. Membeli kehidupan abadi dengan bertahan sejenak menjalankan nilai-nilai langit di bumi ini, cukuplah menjadi bekalmu untuk terus melangkah.


Wajar jika sesekali ibu mendengarmu mengeluh, karena bagaimanapun kau hanyalah mnusia biasa. Tapi nak, jangan sekali-kali engkau iri pada apa yang diperoleh orang lain. Kembali pada hakikat bersyukur, engkau harus pula belajar menerima. Sudah hak Sang maha Kaya untuk memberi kekayaan pada siapa saja yang dikehendakiNya. Ibu bangga punya anak yang bisa mandiri, karena dengan itu engkau belajar untuk menghargai kehidupan. Ibu tak perlu kau beri apa-apa nak, asala kau tetap dapat hidup di tengah kota yang pernah kau bilang, "terlalu tinggi untuk orang sederhana seperti kita bu". Ibu tahu kamu bisa, karena dibalik kesederhanaanmu, kau selalu punya mimpi yang tinggi. Dan mimpi itu pula lah yang mengantarkanmu ke kehidupanmu sekarang ini.


Sekarang, kau sudah tahu bagaimana rasanya hidup sendiri kan?Ibu berpesan kembali padamu, sebagai sesama wanita nak, agar kau tahu kemana kau berikan kesetiaanmu. Akan ada berbgai peran dalam kehidupanmu. Sebagai seorang hamba, engkau harus setia kepada RabbMu. sebagai seorang anak, engkau harus setia kepada ibumu, ibumu, ibumu, dan bapakmu. Sebagai seorang istri (dan kelak kau akan mengemban peran ini, mungkin tak lama lagi), kau harus menyerahkan kestiaanmu pada lelaki yang dengan gagah menjemputmu melalui rangkaian khitbah dan akad, karena ia pun telah berjanji untuk setia. Sebagai ibu (bersyukurlah engkau untuk dapat menjadi seorang ibu kelak, nak!), setialah engkau untuk mendidik anak-anakmu menjadi satria tangguh ataupun dewi peradaban. Sebagai wanita di tengah-tengah masyarakat, kau harus setia pada orang-orang di sekitarmu, setia memberi manfaat pada mereka.


Setelah ini, ibu tahu kau akan melangkah. Tetaplah tegar, bersyukur dan sabar.Semuanya akan berbuah manis selama kau meyakini keberadaan Sang Maha Kuasa. Doa ibu bersamamu, anakku.


Selamat Hari ibu, I love you Mom..

"Rabbighfirlii waliwaalidaiyya warhamhumaa kamaa rabbayaani shogiiroo"

December 17, 2008

..Aku suka hujan..

Dan hujan sore tadi tiba tiba turun
Aku melihat rintik itu dari balik jendela ini
Perlahan,,turun,,lebat,,kemudian berhenti
Sehingga hanya sebentar saja kunikmati
Sesaat,,karena tiba-tiba saja lenyap
padahal aku masih mau menunggu pelangi
:semoga hujan sore tadi bukan gambaran hatimu padaku

December 15, 2008

Membersihkan Hati dan Pikiran

"Berpikir dengan jernih,,
Merasakan dengan hati,,
Bersama nilai langit namun perilaku membumi
Karena kita hanya manusia" -nanda-

Statusku hari ini adalah membersihkan hati dan pikiran.
Kenapa perlu dibersihkan?
Karena kalau dibiarkan saja maka akan semakin keruh dan menyulitkan diri sendiri.
Kalau sudah dibersihkan maka akan memudahkan untuk melihat segala sesuatunya dari sisi baik.
Bismillah,,mulai (lagi) membersihkan hati dan pikiran.
Hushh,,hush,,pergilah lintasan hati&pikiran negatif..
Selamat datang energi positif..

To be a better nanda!

December 12, 2008

My Prayer

Untuk masih bisa tersenyum hari ini,
Untuk merasa bahagia sampai hari ini,
Untuk masih memiliki orang-orang tersayang disekitarku,
Untuk memiliki misteri kehidupan yang belum terungkap,
Untuk tahu kalau hidup ini ternyata indah
:terlalu berharga untuk dibiarkan berlalu tanpa makna
Untuk semu nikmat sampai hari ini,
:Alhamdulillah

-4JJI,,ajari hamba untuk bisa bersyukur,,amiin-
*Untuk semua orang yang merasa bahagia dengan segala apa yang dimilikinya saat ini, aku ikut bahagia*

December 11, 2008

Bandung-Jakarta, cuma 25ribu rupiah saja!

Ternyata, Bandung-Jakarta dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan harga 25 ribu rupiah saja. Mau tanu caranya?
Cukup dengan membeli tiket kereta parahyangan di stasiun bandung atau gambir, dan perjalanan bandung jakarta pun jadi nyaman, murah, dan menyenangkan.

Nyaman?karena duduk di kereta hanya dalam waktu 3 jam saja,,tanpa macet.;)
Murah?cukup dengan 25ribu rupiah saja,,dibandingkan dengan harga travel yang 70 ribu!
Menyenangkan?karena ada banyak orang di kereta itu,,apalagi kalau orang-orangnya kita kenal..ya, ajaklah teman agar suasana jadi lebih menyenangkan..^_^

Seperti perjalanan bandung jakarta ku senin kemarin, terasa lebih menyenangkan karena lebih murah dari bisanya dan lebih seru karena banyak teman yang pulang bareng. (Tina, Mia, Elva, K'taufik, ayoooo..ayoooo,,barengan lagi^^)

Sebenernya waktu itu karena aku beli tiket 30 menit sebelum jam keberangkatan, jadi dapet tiket nya yang tiket berdiri,,udah ga dapet tempat duduk lagi. Tapi karena temenku yang lain udah dapet tiket duduk jadi aja aku ikut duduk,,(satu kursi yang bisanya janya cukup berdua,,bisa ditempati oleh ber3,,waaaaaawww..isn't it amazing? berarti kita cukup "kecil" untuk bisa duduk ber3 di satu kursi kereta yang biasanya hanya cukup untuk 2 orang..;p)

(itu buktinya,,dari kiri ke kanan,,ada 3 buku dipangkuan 3 orang yang sedang duduk,,cukup kan, ber3?)

Iya alhamdulillah kemaren duduk,,kalo berdiri ga kebayang deh,,
eh tapi sebenrnya kemaren juga banyak kursi yang kosong ya,,tapi ga enak barengan sama orang yang ga dikenal..
(iyaaaaa...ini sempet2nya foto di dalam kereta,,)

December 09, 2008

My Last weekend :)

Mau cerita last weekend ku kemarin..

Dimulai dari hari sabtu siang yang mulai mengkonfirmasi Gilang dan Merlyn (profil mereka akan dibahas di postingan berikutnya) untuk datang bersama-sama ke acara konser anklung KPA ITB. Aku ikut komunitas angklung waktu sma..(and that was an unforgetable moment..hohoo,,masa sma yang bahagia,,), dan udah lama ga nonton konser angklung,,kangen juga denger alunan angklung di zaman modern ini,,jadilah aku rencanakan dari jauh-jauh hari untuk nonton konser KPA Itb ini. Merlyn sebagai mantan ketua KPA itb pada zamannya,,ya sudah selayaknya untuk melihat penampilan generasi setelah ia tinggalkan,,Gilang sebagai alumni KPA itb yang menemukan jodoh (sekarang jadi suaminya),,selayaknya juga dong nonton konser ini. -hehhee,,sebenernya untuk nonton ini ga perlu alasan,,biar tulisannya tambah seru ya aku tambahin alasannya ya,,;p-

In the last minute,,Gilang memberi kabar bahwa dia ga bisa ikutan nonton KPA karena akan menonton bersama adiknya..tapi acara menginap di rumahnya tetep jadi..Jadilah aku dan mey berdua saja nonton konser.

Ada apa di konser KPA Itb?
Ada kepuasan batin karena berhasil melihat konser angklung (udah lama ga liat konser angklung)..kepuasan batin juga mendengar berbagai alat musik dimainkan..(kolaborasi angklung,,gitar,,fluie,,biola,,dan paduan suara)..kepuasan batin mendengar riuh tepuk tangan..(jadi pengen ditepuk tanganin banyak orang..^0^)
Ada pertemuan dengan teman lama yang udah lama banget ga ketemu (ketemu temen2 sma sesama tim KPA,,dan jadilah kami janjian untuk nonton konser angklung berikutnya di gedung merdeka,,sekalian reuni dan mengenang masa konser bersama rencananya..)

Pulang konser,,menginaplah aku&mey di rumah gilang..cerita-serita sampe dini hari..(maklum kalau udah lama ga kumpul bareng,,banyak cerita yang perlu disharing)..yang diselingi oleh acara menonton video eksklusif pernikahannya gilang (waktu itu kami ga bisa hadir,,jadi kemaren saat yang tepat untuk melihat prosesi bahagia nya Gil yang kami lewati itu).
Haduh..si Gilang yang dulunya polos dan lugu,,ternyata sekarang udah gede..kami berdua tak menyangka dia mengatakan hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya..=p
(teriring doa semoga kamu bahagia gil..salam manis:))

***
Hari minggu nya,,jam satu siang baru beranjak dari rumah gilang.
Aku menemani merlyn yang perlu bertemu seseorang untuk menyelesaikan urusan kantornya (ini nih,,percaya sekarang kalo kamu ternyata bekerja demi bangsa mey,,hari libur masih aja ngerjain urusan kantor..dedikasi yang tinggi demi bangsa,,ck,,ck,,ck,,)
Dan dalam perjalanan itu,,tiba-tiba hujan turun dengan lebatnya..sampe bajuku basah semua..kedinginan,,masuk angin,,sampe kering lagi bajunya..huhuu,,padahal kan waktu itu aku baru sembuh dari sakit..:( , tapi ini semua demi tulusnya persahabatan,,juga demi bangsa..aku rela menemani,,hehehee..;p
***
Seneng, dari pertemuan kemaren ternyata setiap cerita yang kita bagi memberikan pelengkap bagi yang lainnya..semua bisa mengambil pelajaran atau hikmahnya tanpa menjalani kejadian yang sudah dialami oleh teman kita sebelumnya,, dan setelah itu,, kita bisa bilang : sekarang, kita bisa lebih bijak menghadapi semuanya!
***

December 05, 2008

..Menyambut Bulan Dzulhidjah..

Hari-hari ini kita telah memasuki hari - hari istimewa di Bulan Dzulhijah..Ada beberapa amalan yang disunahkan pada bulan ini, diantaranya:

a.Shalat
Disunnahkan bersegera mengerjakan shalat fardhu dan memperbanyak shalat-shalat sunnah, karena semua itu merupakan ibadah yang palingutama.

b.Shaum(Puasa)
Dari Hunaidah bin Kholid dari istrinya dari sebagian istri-istri Rasulullah SAW,dia berkata: "Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berpuasa padatanggal 9 Dzul Hijjah, sepuluh Muharram dan tiga hari setiap bulan"(Riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i).

c.Takbir, Tahlil dan Tahmid
Dari Ibnu Umar radiallahuanhu dia berkata: Rasulullah bersabda: Tidak adahari-hari yang lebih besar di sisi Allah Ta’ala dan tidak ada amalperbuatan yang lebih dicintai selain pada sepuluh hari itu. Makaperbanyaklah pada hari-hari tersebut Tahlil, Takbir dan Tahmid " (RiwayatTabrani dalam Mu’jam Al Kabir)

d.Puasa hari ArafahPuasa Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak pergi haji,sebagaimana riwayat dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bahwabeliau berkata tentang puasa Arafah (yang artinya): "Saya berharap kepadaAllah agar dihapuskan (dosa)setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya"(Riwayat Muslim).

e.Berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrieq
Berkurban merupakan ibadah yang di syariatkan dalam agama Islam, sebagaiibadah untuk mendekatkan diri bagi seorang hamba kepada Allah Swt. FirmanAllah Swt dalam surat Al Kautsar ayat 1-3:
"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak (1) Makadirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah( 2) Sesungguhnyaorang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus" (QS AlKautsar :1-3).


Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakadah (sangat dianjurkan) bagi mereka yang mampu secara materi. Ini seperti dijelaskan oleh RasulullahSaw, "Barang siapa memiliki kelapangan rizki (keuangan), lalu ia tidakberkurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami,"(HR.Ahmad) .

So, buat temen-temen yang telah mampu atau kuasa menyembelih hewan kurban, tanpa ragu lagi marilah melaksanakannya sebagai usaha untukmendekatkan diri kepada Allah Swt.

Perintah melaksanakan ibadah kurban mempunyai beberapa keutamaan,diantaranya:
1. Pengampunan dari Allah Swt.
Rasulullah Saw telah bersabda kepadaanaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban.”YaFatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamulakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku danmatiku hanya untuk Allah Swt, Rabb alam semesta (HR. Abu Daud danAt-Tirmizi)

2. Mengharap keridhaan dari Allah Swt.
Allah Swt telah berfirman:"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai(keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya" (QS:Al Hajj:37)

3. Ibadah kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah padahari Raya Idul Adha.
“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allahdari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewankurban”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)

4. Hewan kurban sebagai saksi di hari kiamat.
“Sesungguhnya hewankurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk,bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu,bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)

5. Mendapatkan pahala yang besar.
Pahala yang amat besar, diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih, ini merupakan penggambaran saja tentang betapa besarnya pahala itu.
Rasulullah SAW bersabda, "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

***
Jadi teman-teman, menyambut Idul Adha ini..kita Puasa yuuuk tanggal 9 Dzulhidjah,,itu bertepatan pada hari Minggu (7 Desember),,jangan lupa ya,,;)

Trus,,temen2 yang sudah berpenghasilan,,atau bulan ini punya penghasilan,,belum berpenghasilan tapi punya kelapangan rezeki..Marii..mariii,,ikut berkurban,, semoga Idhul Adha kali ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita..amiin..

***


December 01, 2008

..cerita semalam..

Sahabatku, usai tawa ini
Izinkan aku bercerita:

"Telah jauh, ku mendaki
Sesak udara di atas puncak khayalan
Jangan sampai kau di sanaTelah jauh, ku terjatuh
Pedihnya luka di dasar jurang kecewa
Dan kini sampailah, aku disini…Yang cuma ingin diam, duduk di tempatku
Menanti seorang yang biasa saja
Segelas air di tangannya, kala kuterbaring… sakit
Yang sudi dekat, mendekap tangankuMencari teduhnya dalam mataku
Dan berbisik : “Pandang aku, kau tak sendiri,oh dewiku…”
Dan demi Tuhan, hanya itulah yang
Itu saja kuinginkanSahabatku, bukan maksud hati membebani,Tetapi…
Telah lama, kumenanti
Satu malam sunyi untuk kuakhiri
Dan usai tangis ini, aku kan berjanji…
Untuk diam, duduk di tempatku
Menanti seorang yang biasa saja
Segelas air di tangannya, kala kuterbaring… sakit
Menentang malam, tanpa bimbang lagi
Demi satu dewi yang lelah bermimpi
Dan berbisik : “Selamat tidur, tak perlu bermimpi bersamaku…”
Wahai Tuhan, jangan bilang lagi itu terlalu tinggi


-cerita untuk sahabat, rectoverso-
***
sabtu itu badanku tiba-tiba demam, kepala pusing..
ah,,paling kecapek-an aja,,ga usah dipikirin..
aku minum pocari sweat aja,,sebagai pengganti ion tubuh yang hilang..
malamnya,,berhasil tidur pulas dengan sempurna..
minggu pagi sewaktu bangun,,badan lebih enakan..keringat keluar,,
oohh..alhamdulillah,,sudah sembuh pikirku..
siangnya..tiba2 kepala pusing,,badanku panas lagi..
duh,,daripada kenapa2 mendingan pergi ke dokter aja ah..
aku berjalan ke sekitar daerah benhil..
hmm,,ga ada dokter umum,,dokter gigi yang banyak kutemukan disana..
waduh,,aku tanya warga sekitar juga mereka menjawab :"waduh kurang tau saya,,kalo dokter gigi sih banyak,,". "ke rumah sakit jakarta aja neng..", bapak itu menyarankan.
Ooooh,,tadi pagi belum sarapan, pantesan agak lapar..;p
setelah makan,,lalu pergilah aku ke rumah sakit jakarta.
sesampainya di rumah sakit jakarta,,dan bertanya dimana poliklinik umum, satpam yang aku tanya langsung menjawab , "waduh..kalau hari minggu poliklinik umum sih tutup..kalau mau ke UGD aj de.."
"ohh,,tutup ya. Yah,,kalau ke UGD kyanya parah bgt gitu Pak sakitnya..kalau saya cuma ga enk badan aja kyanya" -dengan yakin dan meyakinkan diri sendiri kalau memang badan saya tidak terlalu sakit-
"hmm,,di sekitar benhil atau karet kyanya banyak dokter praktek umum..coba cari aja De"
"Saya tadi cari juga di sekitar benhil,,tapi ga ada pak. Ya udah deh Pak,,makasih yah,,saya cari lagi aja"
"Ade sendiri? gapapa nih ga ada yg nemenin,,kan lagi sakit"
"Ga papa Pak,,ini sakit biasa aja kok..Mari Pak,,makasih ya Pak"
"Hati-hati De..kalo ada apa2 telpon ke rumah sakit ini aja"
Huuuuuuufff,,kok poliklinik umumnya tutup yah,,
lagian aku ga mau ke UGD,,jadi ngeri kalo ada apa2,,
Akhirnya, aku melangkahkan kakiku ke Plaza semanggi.
(lhoo??kok ke Plangi?yaaa..soalnya kalo balik lagi ke kosan,,itu sendirian dan bosen,,nanti malah kerasa lagi sakit..beberapa temenku yang tinggalnya ga jauh dari benhil lagi pada pergi, beberapa lain yg aku hubungi lagi pada pulang ke Bandung,,sepupuku di bekasi (jauuuhh) juga lagi pada pergi ke semarang :(..)
Akhirnya aku pergi ke Plangi, niatnya ke GIANT, beli beberapa persedian makanan, vitamin, dan minuman pengganti ion tubuh. Sampai di Plangi,,setelah membeli beberapa list yang aku tulis tadi, maunya sih pulang,,tapi ga jadi setelah melihat ke arah gramedia..
sambil membaca beberapa buku,,tiba2,,
aduduh kepala pusing,,badan agak angetan lagi,,
wah harus segera ke dokter ini..
hoo ya,,teringat lagi ada satu temanku yang ada di benhil..
kuhubungilah dia dan menawarkan menenmani ke rumah sakit..
Akhirnya aku ke rumah sakit,,
ternyata di rumah sakit yang berbeda, poliklinik umum memang tutup juga,,
jadinya kali ini masuklah ke UGD..
tapi agak tenang,,soalnya ada yang nemenin,,
sampai di UGD,,perawat bertanya, "siapa yang sakit"
"Saya,,"
"ooooh,,silahkan berbaring disana"-sambil menunjuk bilik tempat orang diperikasa.
Setelah pemeriksaan,,perawat nya sempat ga percaya kalau saya sakit mgkn karena datang dengan muka amat ceria,,heheh:p sambil ketawa2 bersama temanku. Temanku juga bilang: "Lagian lo ga kaya orang sakit ah,,ehhehe".
ya akhirnya disimpulkan bahwa aku hanya kecapek-an dan butuh istirahat, Radang tenggorokan jadi efeknya bikin badan demam..
Hoo,,ya Alhamdulillah ga sakit yang macem-macem..
Soalnya ada beberapa teman yang baru kena thypus atau db,,gejala yg diceritakan adalah badan lemas dan tiba2 demam..kan jadi takut juga..
Yah,, setelah dari rumah sakit, makan malam dan kembali ke kos. Lebih tenang karena udah dapet obat..
Huahhh,,badanku demam lagi,,
-daripada mikir macem2 lebih baik berfikir positif: Gapapa,,itu cuma efek obat,,besok juga baikan, dan langsung malamnya tidur pulas..-
Pagi ini,,memang badan agak lemes..berpikir untruk ga masuk kantor,,tapi mendingan di kantor banyak temen,,daripada di kamar sendiri..
Pergilah aku ke kantor diantar mamng ojeg,,sebagai pembenaran bahwa kalau naik metromini harus jalan dulu dan itu akan membuat badan semakin lemes,,jadi mending naik ojeg,,3 menit sampe,,tanpa capek.
Yooo,,di kantor emang ga ada kegiatan yang menyita fisik,,tapi memang namanya badan lagi sakit,,ya ga enak ngapa2in,,makan aja ga enak..
sedikit agak pamer ke temen2 ku , aku bilang "eh gw lg sakit lho.."
reaksi pertama memang :" ahh sakit apa lo nan,,ga kaya orang sakit ah.."
"hahaha iya sih,,gw seneng disini ada temen,,cerita,,ketawa,,kalo di kosan kan sendiri, tapi badan gw lemes,,ni masih agak panas"
"ya udah lo pulang aja,,"
"ga ah,,disini aja,,kalo besok masih lemes baru gw ga masuk,,heheh"
"yah,,udah niat mo bolos lo mah..hahaaa"
yaudah,,doain ya mudah2an aku cepet sembuh,,memang sehat itu ternyata anugrah yang sering lupa disyukuri.
***
Lalu,,apa hubungannya dengan puisi di atas Nanda..???!!!??
-mungkin sebagian bertanya seperti itu-
Yah,,ga tau,,cuma pas aku sendirian di kos,,
cuma bisa telpon atau sms ibu,,keluarga di rumah..
cuma bisa telpon atau sms temen-temen..
trus abis itu sendirian lagi dalam keadaan sakit,,rasanya ga enak bgt,,
tiba2 aja keinget puisi itu,,dan jadi memebayangkan dan lebih menghayati cerita di balik puisi itu..
***
(terserah,,pada mau komentar apa..I'm a a kind of very emotioanal person, sometimes I don't need any logical reason to sey yes,,to believe,,or to feel something. Don't have any systematically thingking,,but stay to be cool..haha,,seems a bit mysterious, eh?
Nooo..get closer,,then yo'll know me more!)

November 27, 2008

.!.

"Aku bukan penulis handal,,
Cuma ingin berbagi cerita..
selamat membaca..
terima kasih sudah berkunjung.."

November 26, 2008

Fire Drill

"Kriiiing....kriiing...kriiing
kebakaran ...kebakaran...
Dimohon turun menuju master area melalui tangga darurat
Dilaran menggunakan lift...
Kriing...kriiing..kriiiiiing..kriiing.."

Perintah evakuasi terdengar menggema di seluruh area kantor sentral senayan..

Tadinya sempet kaget,,dan mau buru-buru turun, tapi temenku Ryan (yg ditnjuk sebagai koordinator evakuasi) langsung bilang,,"ini simulasi". Jadilah diriku nggak panik tapi tetp patuh menjalankan simulasi evakuasi ini. Aku turun bersama rekan-rekan lainnya.
Temenku yang nggak tau kalau ini simulasi mukanya langsung panik dan bertanya

"ada kebakaran yah?".."ini bener apa boong sih"

aku ya senyum2 aja liat muka paniknya,,hehhe:))

Ternyata fire drill seperti ini rutin dilakukan, jadi para karyawan di area senanyan sudah tau kalau ini simulasi.


Yang pake rompi ijo terang,,temenku yang bocorin rahasia kalo ini hanya simulasi..:D

Aku turun lewat tangga dari lantai sembilan, bertemu banyak orang di tangga,,
ada yang ketawa-ketawa, senyum-senyum sambil bercanda..

Eh,,eh,,tapi liat tuh ada beberapa bule yang benar-benar melakukan simulasi ini dengan baik. Mereka memakai rompi anti api, membawa tas yang berisi peralatan keselamatan, kemudian menuruni tangga dengan tertib.

Para pribumi malah asik bercanda,, santai-santai..
malah melihat aneh ke arah bule2 yang serius seolah2 memang terjadi kebkaran..

Duhh,,duh,,jadi geli sendiri melihat kelakuan bangsa ini (uuuupps,,aku termasuk di dalamnya nih..=p). Liat aja kalo memang kejadian beneran,, si bule2 itu pastinya bakal ketawa2 liat kelakuan kami,,ooh,,noooo..

Sampai di master area, bule2 itu dengan tertib berkumpul di area yang sudah ditentukan berdasarkan kantor masing-masing.
sedangkan kami,,masih sambil bercanda dan sempat foto-foto.






Kalau bule-bule itu bawa peralatan evakuasi dan barang2 berharga, temenku malah bawa minuman. "Tadi ngambil dulu di pantry,,takut capek kan turun lewat tangga"
Ada lagi yang sempet ke toilet dulu, dandan..
malah ada yang menuju sturbucks trus kembali dengan wajah cemberut sambil bilang
"gw tadi ke sturbucks eh malah diusir,,ibu pegawai oracle ya?maaf bu,,tolong menuju master area dulu..padahal gw mau duduk daripada disini panas"


Yaa..intinya kami masih bercanda dan ketawa-ketawa..sebelum akhirnya setelah 15 menit, semuanya diminta kembali ke tempat masing-masing karena simulasi sudah berakhir.

Jadi, apa yang bisa diambil dari kejadian ini?
Hmm,,kita tidak pernah bersiap-siap menghadapi kejadian buruk yang mungkin akan terjadi dengan serius,,senengnya menindaklanjuti, bukan mengantisipasi. Kalo terjadi kebakaran..baru deh ntar panik beneran. Dibandingkan dengan bule2 yang serius itu, mereka patuh dan tertib, kalu memang terjadi beneran,,mereka pun tidak panik lagi dan menjalankan prosedur evakuasi yang benar.

Duuuh,,knapa Indonesia suka ketinggalan,,ya yang kaya gini ini nih contohnya..(udah ah capek ntar ngebahas masalah bangsa terus)

Simulasi ini membawa pelajaran, terutama pelajaran dari bule2 itu untuk tau bagaimana seharusnya menghadapai kejadian kebakaran dengan tertib;p.

November 24, 2008

Happy birthday Nanche,,Wish u all d Best!!;)

Temen-temen,,sahabat-sahabat,,adik-adik,,kakak-kakak,,om,,tante,,semuanya,,
Makasih buat semua ucapan dan doanya..Semoga semua doanya dikabulkan Allah,,dan berbuah kebaikan buat kalian semua..Aaamiinn..

Yooooooossssssh,,,bertambah usia,,semoga bertambah dewasa..
(bertambah usia ,,berkurang jatah hidup sebenernya..)

Kalo dirangkum, inti doanya adalah:
"semoga sisa usia nya bertambah berkah,menjadi orang bermanfaat, bertambah kebaikan, selalu diberi yang terbaik oleh Allah, banyak rezeki, dipertemukan dengan jodoh,diberi kebaikan dunia akhirat". Amiiiiiiiiiiiiin..

Makisyh yah semuanya..^^

Happy birthday Nanche,,Wish u all d Best!!;)

November 19, 2008

Buat Echa&Lucky

Echa,,You’re so Lucky!;)

Suatu hari,,
Sahabat 1 :”Nanda,,pokoknya ada satu lagi temen kita, anak ti yang mo nikah tahun ini”
Saya : “Siapa?Lo bukan?”
Sahabat 1 :”Bukaaaaan,,ada deh,,bentar lg juga tau..
Saya : (hmm,,kyanya tau deh, tinggal di list siapa temen2 yang beririsan dengan saya dan sahabat saya yang bercerita ini,,)

Hari lain,,
Sahabat 2 :”Che,, che,, bentar lagi temen kita ada yang mau nikah.
Saya : Siapa?
Sahabat 2 :”Hmm,,tunggu aja..bentar lagi juga tau. Anak Ti anak Sma 3..
Saya : -Hmm,,kayanya tau deh,,sambil nebak2-

Lain hari..
Sahabat 1 : “Che,,echa mo nikah, bentar lagi undangannya nyebar kyanya..
uuups,,bentar lagi lo juga tau deh..aduh harusnya ini belum boleh dibilang ke siapa-siapa,,-
Saya : hahhaha,,keceplosan nih,,udah,,pake rahasia segala sama siapa siyh,,kyanya nanche jg udah tau..bilang aja,, (dalam hati : wah,,curang niyh echa ga cerita-cerita)
Sahabat 1 : “ngga ah,,tanya echa nya aja,,”

Akhirnya malam itu saya berhasil mendengarkan cerita dari sumbernya langsung..yeeee!
Tuh kan beneeeeeeer,,Echa sama Lucky..(tebak2an saya bener berarti..heeheeJ)

Barakallahu buat echa dan lucky..
Selama mendengarkan cerita echa,,saya senyum-senyum,,rasanya seneng aja melihat sahabat yang ada di depan saya ini sedang bahagia,,berbunga-bunga..(sambil berharap kebahagiaan seperti ini kan datang pada saya juga suatu hari nanti,,amiin..)

Hehhee,,cha,,you’re so lucky..!!!
Dan saya juga seneng melihat echa yang bercerita dengan hati, dengan mata yang berbinar-binar, dengan kata syukur yang mengalir di sela-sela ceritanya..Alhamdulillah..(cha ini beneran lho,,rasa bahagianya echa kerasa bgt,,;)
Saya sempet bilang,,echa&lucky beruntung bgt, karena ga semua orang bisa mendapatkan teman hidup yang memang cocok..atau sudah tau karakter masing-masing (ya,,walaupun setelah menikah nanti bakal ada kejutan-kejutan ya cha..).

Saya mengenal echa di MTI, sebagai sosok yang ceria, aktif, ga bise diem..kemudian semakin kenal dengan echa saat sama-sama belajar islam,,Subhanallah..banyak menginspirasi orang-orang di sekitar echa. Dan lucky, yang saya kenal sejak SMA adalah teman yang dalam pandangan saya punya pemikiran yang “unik”. Hmmm,,Luck,,Luck,,
Mendengar cerita echa, tiba-tiba saja ada kesan kalau Lucky adalah sosok lelaki yang gagah dan bertanggung jawab. (hmm,,echa jangan ketawa pas baca ini..!). Iya beneran,,gagah karena berani jujur dan mempertanggungjawabkan kejujurannya dalam jalan yang benar. Mengutip Jason Mraz dengan lagu yang judulnya Lucky (eh,,ini kok bisa pas bgt yah..=p), “Lucky I’m in love with my best friend, Lucky to have been where I have been..Lucky to becoming home again..”
Hehhee,,Luck,,you’re really lucky..!!!

Echa,, Lucky,,belum pantes nanda berkata-kata, tapi nanda juga ga mau termasuk orang2 yang rugi seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Ashr,,so,,so..

Buat Echa,,,perempuan yang paling mempesona adalah istri yang shalehah.
Rasulullah SAW bersabda, “Apa yang dicari seorang mukmin setelah taqwa kepada Allah tidak lebih baik dari seorang wanita yang sholeh, apabila diperintah suami ia mentaatinya, apabila dipandang sangat menyenangkannya, apabila disumpah ia melaksanakannya dengan jujur, dan apabila ditinggal pergi ia menjaga dirinya dan harta suaminya.”(HR. Ibnu Majah dari Abu Umamah ra.).

Buat lucky,

Lelaki yang berpredikat lelaki terbaik adalah suami yang memuliakan istrinya. Suami yang selalu mengukirkan senyuman di wajah istrinya. Suami yang menjadi qawwam (pemimpin, pelindung) istrinya. Suami yang begitu tangguh mencarikan nafkah halal untuk keluarga. Suami yang tak lelah berlemah lembut mengingatkan kesalahan istrinya. Suami yang menjadi seorang nahkoda kapal keluarga, mengarungi samudera agar selamat menuju tepian hakiki "Surga". Dia memegang teguh firman Allah, "Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka..." (QS. At-Tahrim: 6)

Semoga echa dan Lucky bisa membina keluarga sakinah mawadah wa rahmah…amiiiin..

-Cha,,Luck..maaf yah ga bisa hadir ke Palembang,,kalau diizinkan,,mau dong berkunjung ke rumah kalian nantinya,,ya ini kalau dizinkan,,;p-

Sebab Cinta

Sebab Cinta-Mu yang mengajarkanku
Berterima kasih pada duka
Sebab Cinta-Mu yang membuatku
Senyum dalam luka
Sebab Cinta-Mu yang mampu teduhkanku
Dalam angkuh
Sebab Cinta-Mu…
Hiasi deraian mutiara mata dengan pelangi
Sebab Cinta-Mu…
Luluhkan gunung hati yang membeku
Sebab Cinta-Mu…
terangi sukma yang mulai meredup
Sebab Cinta-Mu…
Hangatkan mimpi-mimpi yang layu
Sebab Cinta-Mu…
Yang membuatku tak pernah berhenti mencinta

(diambil dari kumpulan puisi karya nanda;)
Echa dan Lucky, semoga menemukan indahnya pelangi dalam perjalanan baru yang akan segera dimulai ini

November 18, 2008

cerita sahabat #1

"Dia bilang :
setelah ini,
anggap saja tidak ada apa-apa
seperti sebelum dia tidak bilang apa-apa

ah,,curang..
mana mungkin bisa seperti sebelumnya
sedang saat ia berkata itulah yang ia tunggu
dan setelah ini semuanya jadi berbeda"

-usai mendengar curhat seorang sahabat,,-

November 16, 2008

Pecel lele = Ayam bakar ?!!!?

Malam kamis lalu,,saat mau makan malam di daerah benhil, sudah terbayang aku akan memesan nasi ayam bakar. Aku berjalan menuju salah sau tenda makan, tempat langganan yang menjual pecel lele, berbagai jenis ayam, sop, soto, komplit semua ada di sana. Tiba disana, kok jadi bingung ya,,tadi kepikiran mau makan ayam bakar..tapi begitu melihat semangkuk soto,,jadi kepengen pesen,,apalagi waktu itu hujan gerimis,,kayanya lebih enak kalau pesen soto..Tapi kalau pesen soto kayanya terlalu kenyang,,porsinya lumayan besar. Terus aku melihat lele..dan langsung pesan lele sama mas nya, “nasi pecel lele sama the manis anget ya mas”.

Pas duduk,,jadi nyesel,,kan tadi udah kepikiran ayam bakar,kok malah pesen pecel lele. Mau batalin pesanan,,ga enak,,si mas langsung menggoreng lele, yah,,sudahlah,,lain klai harus diputusin bener-bener mau makan apa. (aku duduk menunggu,,cukup lama, menunggu pesananku datang sambil terus membayangkan ayam bakar..heuh,,kanapa tadi kok yang keluar malah pesen pecel lele, bukan ayam bakar).

Alhamdulillah,,aneh bin ajaib..setelah menunggu, si mas menghidangkan teh hangat manis, disusul dengan kata pengantar,” silahkan mba,,ini pesannanya ayam bakar”.
Wah aku langsung menyambutnya dengan gembira, tanpa berpikir panjang, “makasih maaas..dengan senyumJ”. Sebelum makan aku senyum-senyum sendiri,,wah,,ini salah satu bukti bahwa apa yang kita pikirkan akan menjadi kenyataan. Seriously,,that’s the fact!

video


Subhanallah,,teori Law of attraction yang sedang booming beberapa tahun ini sebenernya konsep lama dalam kemasan baru. Mirip-mirip sama teori positive thinking, quantum Ikhlas, atau konsep yang selalu ditanamkan pada diri setiap muslim bahwa Allah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Apa yang kita pikirkan akan tercermin dari apa yang akan kita dapatkan.

Cerita diatas contoh sederhana aja,,bukan kebetulan, pasti sudah ditakdirkan. Jadi semangat nih mikirin hal-hal baik yang diinginkan..:)

November 13, 2008

Law of Attraction

Hari selasa itu, aku memang ingin tampil rapi dan cerah (dalam artian positif, sejuk di mata gitu..;p). Lalu aku membayangkan aku memakai pakaian kerjaku yang berwarna merah itu, dengan aksesoris ringan biar lebih manis.
Aku bayangkna diriku datang ke kantor dengan baju itu, memberi semangat baru dalam memulai hari itu, kemudian reaksi positif datang dari teman dan rekan kerja. Itu yang akau pikirkan dan bayangkan malam sebelumnya.
Hari itu,,ternyata semua hal baik yang aku bayangkan jadi kenyataan. Lebih semangat untuk memulai kerja di hari itu..reaksi positif datang dari orang-orang dikantor..hal-hal baik yang aku harapkan bener-benr terjadi..Alhamdulillah.

Di hari lain, aku bayangkan hari ini customer yang jadi targetku akan memeberikan reaksi positif saat aku berinteraksi dengannya. Benaaaar…apa yang aku pikirkan terjadi.

Suatu hari,,aku kepingin ngobrol sama temenku,,cari temen chatting. kemudian berharap dia on line..waaaaw,,ternyata begitu aku OL diapun OL..positif thinking!

Lagi suntuk,,butuh pencerahan, terus aku blogwalking, berharap ada tulisan yang bisa menghilangkan kepenatan. Pas blogwalking..menemukan banyak tulisan bermakna, mulai dari tausiyah,,sampai cerita ringan. Semuanya berhikmah, mencerahkan!

Itu semua pasti bukan kebetulan..ternyata sangat mudah mendatangkan kebaikan yang diharapkan : tinggal memikirkan apa yang kita inginkan. Great..Law of attraction..Allah sesuai prasangka hamba-Nya!

Yuuuk,,,yuuuk,,mulai sekarang positif thinking,,InsyaAllah berbuah kebaikan..!

November 11, 2008

sebentar,,tunggu,,

sebentar,,tunggu,,
aku sedang merangkai kata
banyak sekali imajinasi di kepala ini
sekarang aku perlu waktu untuk menjadikannya bermakna
sebentar,,tunggu,,


-hmm,,udah lama ga nulis,,kangen juga-

October 18, 2008

..???..

Lagi bingung,,
tiba-tiba hati lagi ga tenang..
huuuuufff,,ga mau kaya begini..

ya udah,,don't give up on your faith,,nanda!!!

-bicara pada diri sendiri-

October 09, 2008

...

Siang yang terang..
Matahari bersinar..
Berharap hati ini masih bisa merasa hangat..
akan kejernihan kebenaran..
dan bukan atas harapan kosong..
seolah terang, sebenarnya gelap..
entah..samapai kapan!

-Kurindukan sinar suciMu yang mulia dan kuharapkan belai KasihMu,,
agar musnah semua keangkuhan diriku dan kulepaskan dari sifatku-
Rabbiii..tunjukkanlah,,bimbing,,dan kuatkan,,aamiin

September 26, 2008

..Aku suka hujan..

Tahukah kau,, di sini hujan sedang turun
aku melihat air jatuh dan angin berhembus
rasanya dingin,,tapi aku suka

Adakah kau melihat rintik-rintik di tempatmu saat ini..
adakah kau rasakan semilir angin..
aku ingin tahu,,apakah semua itu membuatmu suka?
karena aku selalu suka hujan

lihatlah,,begitu anggun air dari atas,,
sehingga rasa gersang tidak bertahan lama,
atau lihatlah bagaimana air itu turun perlahan, kemudian bertahan
sampai pelangi muncul..baru ia berhenti

sekarang kau tahu mengapa aku suka hujan kan,,
karena saat hujan,,angin akan mengirimkan rinduku padamu
dan saat hujan,,aku belajar apa arti setia,,
lihatlah,,pelangi begitu setia menunggu hujan reda..

kalau kau datang..
aku ingin bertanya,,
sukakah kau pada hujan?
sampaikah rindu yang kukirim lewat angin?
adakah kau di sana,,setia seperti pelangi?

kuharap engaku akan menjawab "iya"
tapi..
kalau kau berkata tidak,,
aku akan tetap suka pada hujan
:sekedar kau tahu,,mungkin akulah pelangi itu

September 23, 2008

Uuuuuuh,,Banyak Maunya..

Kenapa ya manusia itu banyak maunya..
Udah dapet sesuatu yang diinginkan,,tetep aja ingin memiliki sesuatu yang lain..
Ga pernah puas..
apalagi kalo udah membandingkan sama orang lain..
Ibaratnya "rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau"

Nanda juga,,sekarang lagi banyak maunya..
sampe bingung sekarang maunya apa..
Aduh2..teorinya adalah harus bersyukur dengan apa yang didapatkan selama ini, karena manusia itu ga akan pernah puas..lebih ekstrim lagi..manusia ga akan pernah puas sampe tanah menutupi keinginannya (maksudnya sampe mati,,kalo selama hidup pasti ga akan pernah puaaaaaas)

Teorinya,,diperbolehkan ga pernah puas,,untuk memperbaiki akhlak dan amalan..
teorinya,,harus bersyukur dengan apa yg didapat,,dan menyempurnakan ikhtiar untuk mendapatkan apa yg diinginkan,,perkara hasil..Allah yang ngatur..

Huah,,nanda..nanda,,sekarang maunya apa siiyhh?
Istighfar dulu,,terus pikirin lagi apa yang bermanfaat..bermanfaat buat kebaikan dunia akhirat,,
soalnya hidup di dunia hanya sementara..akan ada kehidupan abadi,,cerminan dari apa yg telah diusahakan di dunia..

So nanda..skarang maunya apa?
Apapun,,asal sesuai dengan keinginan Sang Maha Pencipta

-wiiiidiiiih..berat, teori emang gampang,,aplikasinya yang susah..Bismillah..smangat!!!!-

September 18, 2008

Fii Dzilaalil Qur'an

Fii..Dzilaalil Quran,,
Sudah pasti AlQuran bukanlah buatan manusia,,sebab didalamnya merupakan rangkaian kata-kata sempurna,,Dan pastilah AlQuran bukan sembarang kitab,,karena proses penurunannya tidak secara langsung,,tidak sepert the 10 commandemen yang langsung diturunkan kepada Nabi Musa,,tapi memerlukan waktu 22 tahun 22 bulan 22 hari..

Fii..Dzilaalil Quran,,
Hingga keagungan akhlak Rasul yang disebut ALQuran berjalan,,mampu membuat orang terpesona,,
melembutkan hati yang keras hingga sangat mudah disentuh,,seperti Umar bin Khatab dengan karakternya yang kuat,,namun begitu luluh saat AlQuran dibacakan,,
Menguatkan hati yang sangat mudah disentuh,,seperti tegarnya Abu Bakar saat ditinggal wafat oleh Rasulullah..hingga dalam duka yang mendalam Ia mampu tegar dan berkata dengan gagah :"Barangsiapa menyembah Rasul,,sesunguhnya Rasul telah wafat. Dan baramgsiapa menyembah Allah,,sesungguhnya Allah tidak pernah mati..

Fi Dzilaalil Quran,,
Membuat Ulama besar Syaid Quthb menikmati detik demi detik nya di balik jeruji besi, mengkaji ayat demi ayat dengan bahasa yang bisa memberikan jalan hidayah bagi siapa saja yang membaca karya-karyanya..

Fi Dzilaalil Quran,,
yang memberi cahaya pada wajah orang-orang yang mengikuti AlQuran..
seperti sosok yang baru saja kulihat siang tadi,,memeberi tausiyah tentang Interaksi dengan AlQuran,,teduh melihatnya,,sebab ia adalah generasi Rabbani,,belajar dan mengajarkan ALQuran..

Fi Dzilaalil Quran,,Fi Dzilaalil Quran,,Fi Dzilaalil Quran,,
Rabbii,,Ya Rabb ku,,beri hamba kekuatan untuk hidup Fi Dzilaalil Quran,,

"Alif Lam Mim. Inilah ayat-ayat Quran yang mengandung hikmah. Sebagai petunjuk dan Rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan.Yaitu orang yang melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan mereka meyakini adanya akhirat. Merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk daru Tuhannya,dan mereka itulah orang-orang yang beruntung". (QS. Lukman 1-5)

September 16, 2008

..Alhamdulillah..

"Dan ingatlah ketika TuhanMu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur maka Aku akan menambah nikmat kepadamu. Tetapi jika kamu mengingkari nikmatKU, maka azabKu sangat berat". (QS.Ibrahim :7)

Bersyukur,,adalah kata kunci yang Allah tegaskan agar hambaNya sennatiasa merasa nikmat, bahkan akan selalu bertambah kenikmatan yang diberikan Allah jika seorang hamba selalu bersyukur. Dan kebalikannya, jika seorang hamba tidak bersyukur,mengingkari nikmat yang telah diberikan Allahh, maka dengan tegas Allah mengatakan,,"AzabKu sangat pedih".

Dari sini maka kita harus belajar apa makna syukur itu. menurut salah seorang ulama, Ibnu Qayyim, syukur adalah mengakui nikmat yang ada pada diri seorang hamba adalah dari Allah. Mengakui dalam artian meyakini dengan hati bahwa hanya Allah lah ArRahman ArRahim yang memeberi nikmat itu pada dirinya, mengucapkan dengan lisan syukur kepada Allah, dan mengoptimalka nikmat yang telah Allah berikan itu.

Meyakini dan mengucapkan dengan lisan adlah perkara yang sangat mudah. mengoptimalkan nikmat..inilah cara bersyukur yang sering sekali orang-orang mengabaikannya. Lalu,,bagaimana cara mengoptimalkan nikmat ini?Adalah dengan cara mematuhi segala perintah Allah, dan menjauhi laranganNya. Senantiasa melakukan kebaikan dan bermanfaat bagi ornag-orang di sekitarnya. Berbuat baik dengan niat dan cara yang benar.

Orang yang bersyukur,,senantiasa berbuat yang terbaik,,menyempurnakan setiap ikhtiar dalam melakukan apapun. Sehingga, dia mengoptimalakna segala apa yang ia dapatkan dari Allah. Ia bersyukur. Tak banyak orang yang menyadari apa makna bersyukur ini. Bahkan lebih sering orang yang tidak mengoptimalkan nikmat yang ada pada diriNya.

Diberi kesempurnaan fisik,, tidak mau menjaganya, enggan menutup auratnya.
Diberi kecerdasan fikiran,, tidak mau belajar ilmu agama,,enggan mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
Diberi kelapangan rezeki,,tidak mau meginfakkan hartanya..malah berfoya-foya untuk hal yang tidak bermanfaat.
Diberi kenikmatan dunia yang hanya sesaat,,tidak mau mengejar kenikmatan abadi di akhirat.

Padahal dengan jelas Allah memperingatkan bahwa AzabNya sangat pedih..
jangan dikira Allah membiarkan begitu saja seorang hamba yang tidak bersyukur namun bersenang2 di dunia..karena azab Allah pasti datang,,dan siapa yang lebih tepat janjinya selain Allah?

Rabbi ya Rabbana,,ampuni kami jika sempat lupa untuk mensyukuri nikmatMu..
Ajari kami untuk bersyukur kepadaMu..dan golongkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang mensyukuri nikmatMU..aammiiin

-untuk diri sendiri,,maka,nikmat Allah yang mana yang kamu dustakan? Rabbii,,ampuni hamba-

September 15, 2008

aku sedang bahagia

"aku sedang bahagia..karena hatiku bebas,,tidak terikat oleh apa dan siapa..
Dan aku lebih bahagia,,karena pada saat seperti ini aku jadi selalu ingin dekat denganMu.."
"Ya Muqallibal Quluub,,tsabit Qalbii 'alaa diinik,,aamiin.."

September 10, 2008

day#10

Ummi,,Ummi,,Ummi,,
seolah terdengar suara Rasulullah..
kubayangkan wajahnya ketika berucap
menyebut namamu berkali-kali

Ibi,,Ibu,,Ibu,,
di pundakmu tetes air mata kuhapus
di lututmu rebah jiwa lelahku
ketika kau belaiku
sirna semua bebanku..

Ya Allah,,pintaku padaMU
ampunilah ibu ayahku
Lapangkanlah perjalanan mereka,,
di dunia dan akhirat nanti..

"Ada rindu-rindu yang begitu kuat untuk meneteskan air mata saat aku teringat ibuku..(Maaaammm..miss uuuuu)..untuk semua cinta dan doa yang tak pernah putus,,hingga aku sekarang belajar untuk selalu menjadi kuat..Ya Allah Ya Rahman..bimmbing hamba untuk menjadi anak yang shaleha,,cahaya penyejuk mata bagi kedua orang tua hamba..
Robbighfirlii,,waliwaalidaiyya,,warhamhumaa kamaa Rabbayaani soghiiroo..aamiin.."

September 07, 2008

Day#7

Untuk tahu apa arti puasa,, tanyalah pada lelaki pengangkut bata itu,,bagaimana ia menahan haus saat terik matahari sambil mengangkut batu bata untuk membuat bangunan,
bagaimana ia harus menahan amarah saat mandor terus saja memintanya bekerja keras
Atau tanyalah pada penyapu jalan berseragam orange,,
yang harus berdamai dengan demu jalanan untuk mencari nafkah,,sekedar dapat memberi keluarganya makanan yntuk berbuka,,
atau tanya pada satpam yang berjaga malam,,menahan kantuk sedang siang pun harus bekerja,,agar hidup keluarganya dapat tersambung esok hari,,

Jangan tanya arti puasa pada orang yang duduk di depan laptop..
di ruangan berAc,,
datang pagi dan tak terasa waktu buka pun segera tiba..
tak sempat merasa lapar..tak tahu bagaimana teriknya mentari di luar sana..
Untuk orang-orang yang ada di tempat ini..sangatlah merugi jika tidak bersyukur..
tidak mengoptimalkan ibadah..
tidak mampu mengambil ibrah dari setiap kejadian di sekitarnya..
atau malah mengeluh lelah karena seharian bekerja..

"Robbi,,ya Robbana,,ajari kami bersyukur,,dan golongkanlah kami kedalam golongan yang pandai mensyukuri nikmatMu..aaamiiin.."

September 01, 2008

Day#1

Bismillah..

Alhamdulillha,,dipertemukan lg dengan Ramadhan kali ini,,
Berarti Allah masih memberi kesempatan untuk memperbaiki diri, untuk berlomba meraih pahala, untuk menikmati segala jamuan yang penuh berkah.

Dan Ramadahan kali ini,,akan berbeda dengan Ramadhan2 sebelumnya..
Sepeti saat sahur kali ini..bukan sahur bersama keluarga di rumah..
dan tiba2 saja aku merindukan saat ibu membangunkanku,,merindukan suaranya sepanjang pagi untik bertilawah..merindukan semua keluarga di rumah..
(I'm just realizing,,how I miss u Mam..)

Dan Ramadhan kali ini,,aku berharap bisa menjadi bulan penuh berkah,,
Berkah,,saat dimana selalu ada kebaikan pada setiap sesuatu..
Allah,,lead me to your way..

August 29, 2008

Marhaban Ya Ramadahan

# للّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا شَهْرَ رَمَضَانَ، واَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَحِفْظِ اللِّسَانِ وَغَضِّ الْبَصَرِ، وَلاَ تَجْعَلْ حَظَّنَا مِنْهُ الْجُوعَ وَالْعَطَش

Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Bantulah kami untuk melaksanakan puasa, melakukan shalat malam, menjaga lisan dan memelihara pandangan; dan jangan jadikan puasa kami hanya sekedar lapar dan dahaga. (Kitab Mafatihul Jinan)

Maaf lahir batin ya semuanya..:)

August 01, 2008

Ssssssssshhh..tarik nafas sejenak..

nanda,,
tarik nafas sejenak,,pejamkan mata,,
barangkali engkau hanya butuh beristirahat sejenak,,
istirahatkan pikiran..
sambil berkelana mencari apa yang mungkin
telah hilang darimu..

kemudian..tarik lagi nafas panjang..
raih kembali apa yang seharusnya kau gapai,,
tak usah takut menghadapi esok..
hari ini kau lebih siap..karean telah belajar dari masa lalu..
hari esok hadapilah..
jangan berharap semuanya sempurna..

berusahalah yang terbaik yang kau bisa..
berdoalah yang terbaik..
Biarkan Ia menyentuh akhirnya..

nanda,,sekali lagi mungkin kau butuh
tarik nafas sejenak,,dan pejamkan mata..
Bismillah..

*Laa takhof wa laa thdzan,,Innallaha ma'ana

July 30, 2008

fesbuk,,,huaahhhh..

--sedang menikmati dunia maya,,kalau lg on line,,selain cek email, blogwalking&Ym-an,,kegiatan selanjutnya dalah "FaceBook-ing"..sebagai orang yang tergolong baru dalam dunia fesbuk ini..saya memngundang teman2 untuk bergabung dan meng add saya yah,,hehehe--

July 24, 2008

..Diatas langit masih ada langit..

Pernahkah kita merasa sudah baik,,dan saat dihadapkan dengan sesuatu yang lebih baik,,kita jadi tahu bahwa sebenarnya kita belum baik..
Atau kita pernah merasa cukup,,dan ketika dihadapkan pada sesuatu yang lebih,,kita jadi tahu bahwa kita masih banyak kekurangan..
Atau bahkan kita menganggap diri kita sudah baik,,dan menganggap remeh orang lain,,dan saat dihadapkan pada seseorang yang jauh lebih baik,,kita jadi sadar bahwa sebenernya diri kita tidak ada apa-apanya..

Itulah terjadi pada orang yang "sombong"..merasa sudah baik,,ternyata sebenarnya dirinya masih banyak kekurangan,,
pada saat diri kita ada dalam tahap "sombong",,maka tertutuplah jalan untuk menjadi "lebih"..karena kita sudah merasa cukup..

Benarlah sabda Rasulullah bahwa definisi sombong adalah tidak mau menerima kebenaran dan meremehkan orang lain..
2 kombinasi sifat yang dapat berakibat fatal..
Bahkan tidak masuk surga,,orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar zarah pun..

Astaghfirullah,,Astaghfirullah,,Astaghfirullah..

Alhmadulillah,,jika saat ini kita diingatkan 4JJI untuk tidak sombong,,
Ketika dihadapkan pada sesuatu yang lebih..inilah kesempatan kita untuk mengevaluasi diri,,
jangan-jangan selama ini ada terbesit kesombongan..

4JJI selalu punya cara untuk mengingatkan hamba-Nya,,
dan kembali,,semua itu tergantung pada diri kita,,mau merubah diri atau tetap menolak kebenaran

July 16, 2008

7 Habits of Highly effective People by Steven Covey

  1. Be Proactive. Here, The author emphasizes the original sense of the term "proactive". You can either be proactive or reactive when it comes to how you respond to certain things. When you are reactive, you blame other people and circumstances for obstacles or problems. Being proactive means taking responsibility for every aspect of your life. Initiative and taking action will then follow. The author also shows how man is different from other animals in that he has self-consciousness. He has the ability to detach himself and observe his own self; think about his thoughts. He goes on to say how this attribute enables him: It gives him the power not to be affected by his circumstances. The author talks about stimulus and response. Between stimulus and response, we have the power of free will to choose our response.
  2. Begin with the End In Mind. This chapter is about setting long-term goals based on "true north" principles. The author recommends formulating a "personal vision statement" to document one's perception of one's own vision in life. He sees visualization as an important tool to develop this. He also deals with organizational vision statements, which he claims to be more effective if developed and supported by all members of an organization rather than prescribed.
  3. Put First Things First. Here, The author describes a framework for prioritizing work that is aimed at short-term goals, at the expense of tasks that appear not to be urgent, but are in fact very important. Delegation is presented as an important part of time management. Successful delegation, according to The author, focuses on results and benchmarks that are to be agreed upon in advance, rather than prescribed as detailed work plans.
  4. Think Win/Win describes an attitude whereby mutually beneficial solutions are sought that satisfy the needs of oneself, or, in the case of a conflict, both parties involved.
  5. Seek First to Understand, Then to be Understood. The author warns that giving out advice before having empathetically understood a person and their situation will likely result in rejection of that advice. Thoroughly reading out your own autobiography will decrease the chance of establishing a working communication.
  6. Synergize describes a way of working in teams. Apply effective problem solving. Apply collaborative decision making. Value differences. Build on divergent strengths. Leverage creative collaboration. Embrace and leverage innovation. It is put forth that when synergy is pursued as a habit, the result of the teamwork will exceed the sum of what each of the members could have achieved on their own. “The whole is greater than the sum of its parts.”
  7. Sharpen the saw focuses on balanced self-satisfaction: Regain what The author calls "production capability" by engaging in carefully selected recreational activities.

July 06, 2008

-seminggu pertama-

Seminggu yang menyenangkan,,sebenernya bukan menyenangkan sih,,tapi penuh pembelajaran,,dan pembelajaran itu menyenangkan,,jadi kesimpulannya,, seminggu ini = menyenangkan.

Hm,,mau cerita tentang kegiatan ku dulu..
dari jam 9pagi-5sore adalah training. Dalam training ini, banyak mendengarkan orang-orang presentasi, trus banyak diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
Setelah training,tiap malam ke luar untuk beli makan,,dan ini dimanfaatkan untuk jalan2..
sebelum tidur, OL dulu,,melihat dunia luar..sampe ngantuk,,baru tidur..
kegiatan ini akan selalu berulang dari senin sampai jumat..
weekend pertama ini ngapain?hmm,,window shopping dan sleeping..
itulah sekilas kegiatan selama satu minggu ini.

kalo kita berfikir positif,,semuanya kan menjadi manfaat,,contohnya:
1. Training ini dapat dimanfaatkan untuk melatih kemampuan bahasa inggris,,
-karena semua disajikan dalam bahasa inggris dan harus berkomunikasi dalam bahasa inggris,, sangat bagus bukan,,kaya masuk kelas intensive english conversation-
2. Bisa melihat bagaimana menjadi presenter yang baik dan tampil percaya diri
- huaaah,,sangat banyak presentasi,,dan melihat gaya setiap orang yang berbeda dalam presentasi-
3. karena dari berbagai negara dan aberbeda budaya,, training ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenal budaya dan mnghormati keanekaragaman budaya,,seperti pelajaran ppkn bukan?:p
4. yah,,banyak deh manfaatnya,,terutama belajar bgaimana menghadapi berbagai karakter orang,,belajar memahami,,dan belajar mengaktualisasikan diri..
5. Belajar bersyukur,,dengan apa yang selama ini udah kita dapat,,terutama mensyukuri anugrah iman dan islam..subhanallah..(tema ini kan dibahas lebih lanjut).

July 04, 2008

Meraba Cahaya

saat aku melangkah dalam kesendirian,
dan tak ada yang dapat kujadikan sandaran
aku ingin agar tetap kuat,,
teguh seperti saat Kau membimbingku
ke jalan cahaya..

Karena kini sangat gelap,
aku meraba cahaya untuk melihatMu
Jangan kau silaukan aku dengan dunia
karena tempat kembaliku hanyalahMu..

Rabbi,,beri aku kekuatan
untuk memaknai kesetiaan

June 29, 2008

just arrived!!!




Alhamdulillah,,telah sampai dengan selamat di Kuala lumpur..
Huaaahhh,,hari pertama ini masih santai,,hanya ada acara gala dinner..
besok..besoknya..besoknya lagi?hmm..hmm..hmm..semoga lancar2 aja..
doakan ya teman2..^_^,,hehehe,,kaya mau apa aja y..tapi beneran doain ya,,semoga dimudahkan segala urusan disini,,buat yang mendoakan, nanda doakan semoga teman2 semua dimudahkan segala urusannya,,dimudahkan mendapat rezeki,,jodoh,,dan diberi usia yang berkah,,amiiin..:)


June 27, 2008

Selalu ada kemudahan yang 4JJI berikan #5 (terakhir)

Alhamdulillah,,selama dua minggu ini begitu banyak kemudahan yang 4JJI berikan,,dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi,,dari pagi sampai malam,, dari segala hal yang semula menurutku sulit,,dari degala hal yang membuatku lelah,,ternyata selalu ada kemudahan,,Alhamdulillah..

Hmm,,maka benar frman 4JJI,,"bersama kesulitan ada kemudahan, dan bersama kesulitan ada kemudahan. Dan jika kamu telah selesai mengerjakan suatu urusan,,maka kerjakanlah urusan yang lain".(QS.Al insyiroh 5-8).

Ini adalah penegasan dari Allah,,bahwa ia Maha memudahkan segala urusan, dan janjinya dalah benar. Allah sampai dua kali menyebutkan bahwa akan selalu ada kemudahan yang menyertai kesulitan, Jadi,,disaat kita merasa sulit, yakinlah bahwa kemudahan yang ada selalu lebih banyak. Dan,,jika kita sedang mengalami kemudahan,,janganlah sampai terlena. Beralihlah pada urusan-urusan lain yang belum terselesaikan.

Terkadang aku malu sama diriku sendiri,,yang sering meninggalkan perintah-Nya,,sering "nakal",,males2an ibadah,,sering "negatif2" yang lainnya..tapi dengan begitu baik 4JJI memberi kemudahan-kemudahan. Subhanallah..memang Ar-Rahman Ar-Rahim..
"Ya rabbi lakalhamdu kamaa yanbagii lijalaali wajhika wa"adziimi sulthaanik"

Ini hari terakhir di jakarta,,sebelum pergi ke KL sekitar 2 bulan,,yang baru akan pulang pertengahan agustus..Dan ini episode terakhir dari posting "Selalu ada kemudahan yang 4JJI berikan"..TAPI..
kemudahan yang 4JJI berikan pasti tidak akan pernah berakhir...amiin..

-asik,,asik,,besok pulang ke bandung,,^_^-

June 25, 2008

About Your Country and The Culture


-sedang mengerjakan presentasi untuk perkenalan..about Indonesia&the culture-
padahal lebih menyenangkan bikin presentasi about your self,,heheheh:)..untungnya bagian ini juga ntar ada sendiri waktunya..yess,,

June 24, 2008

Selalu ada kemudahan yang 4JJI berikan #4

Alhamdulillah...sekarang memasuki minggu ke 2 di Jakarta..
Apa aja yang udah dikerjakan?ya banyak lah..
Udah mengalami kemacetan jakarta?udaaaaaaaaaaah..tepatnya senin kemaren. Jadi, kalau pagi2 aku berangkata dari bekasi kan lewat tol,,jadi ga pernah mengalami macaet. Seminggu kemaren juga waktu pulang dari senayan ke bekasi, belum kena macet,,pas banget hari senin kemaren,,pulang bareng temen yang rumahnya di pondok bambu,,nah, aku ikut sampe kalimalang. Dari kalimalang ke bekasi,,naek angkot deh,,Subhanallah,,baru ini yang namanya macet,, baru ini yang namanya jauh,,di daerah kalimalang, aku ngalamin macet sampe sekitar setengah jam lebih,,kalo dihitung2,,waktu perjalanan dari senanyan ke bekasi senin kemaren adalah 2 jam lebih,,huaahhh..itu kan waktu tempuh dari bandung-bekasi kalo naik travel..
yah,,inilah kota metropolitan,,padat lalu lintas..

terus terus,,kalo seminggu kemaren hanya melihat kota jakarta yang megah dengan gedung bertingkat, mall, dan orang2 bergaya dimana-mana..senin kemaren aku melihat orang2 yang bener2 sangat berjuang untuk hidup di jakarta,,yang jualan macem2 lah,,yang tinggal di rumah kardus,,deket pembuangan sampah..ya,,pokoknya semakin membuat aku bersyukur dengan apa yang ada dalam diriku..

apa pelajaran yang dapat diambil?hmm..pelajaran pertama adalah..jangan pernah menganggap kalau Cimahi (my sweet home..:p) itu jauuuh dari Bandung,,biasa aja kok,,dibanding bekasi-jakarta.
huhuhuhu,,seminggu di Jakarta ini semakin membuat akau lebih bersyukur pada apa yang selama ini akau alami di Bandung,,bersyukur karena berada di lingkungan yang baik selama di bandung,,dapet temen2 yang baik,,ada orang tua,,ya,,segala macam yang membentuk karakterku di Bandung..

Subhanallah,,4JJI selalu punya cara untuk mengingatkan hamba-Nya..untuk selalu bersyukur..
(Ya Rabbi,,ampuni jika selama ini hamba lupa untuk mensyukuri segala anugerahMu..). Dan saat kita yakin dengan kebesaran 4JJI,,pasti akan selalu ada kemudahan yang 4JJI berikan..

June 20, 2008

Selalu ada kemudahan yang 4JJI berikan #3

Alhamdulillah..seminggu dah terlewati (seminggu waktu kerja maksudnya)..
Hmm.hmm..hm..mau cerita tentang suasana kerjaku..
1. Disini flexi time,,bisa masuk jam berapa aja asal target kerja terpenuhi..ga ada absen ..
*sebagai anak baru yang taat,,aku sih dateng jam 8,pulang jam 5..
2. ada juga Flex office..jadi, untuk orang sales dan marketing yang seringnya jalan2,,meja nya ga tetep..tapi disediain flex office, bisa make yang mana aja..
3. serba canggih,,paperless,,serba on line,,rapih bgt data2 nya..(no wonder,,orang perusahaannya bikin database system..ya ga?)
4. Orang-orangnya tampak ambisius,,

oya,,seminggu ini masih training,,belum terjun kangsung k bisnisnya..kl tentang training:
1. sering online training,,on line assessment..
2. sering web conference&conference call..pake teknologi cysco,,canggih..
3. Everything in English..(kadang2 kl ga konsen aku ga ngerti si trainer ngomong apa ya tadi..uupss)

kalo sekarang kantor lagi syeeeepiiii bgt..ktanya banyak yg lagi cuti atau ngambil raport anak2nya..tp kalo kata salah seoarang Mas-mas yang bekerja disini,,ini kantor lagi ga ngejar target selling..jadinya sepi..tp kalo lagi kejar setoran,,bakal penuh&rame bgt..

semoga suasana kerja yang menyenangkan ini akan berlanjut,,amiin..

ok..segitu dulu ceritanya,,
kalo ada sumur di ladang,,boleh kita menumpang mandi..
kalo ada umurku panjang,,boleh dong,,aku cerita lagi,,
hehehhe

June 18, 2008

I miss u...

Hari ini baru hari ke3 jauh dari rumah,,tapi udah merasa kangeeeeeeeeeeeeen banget sama rumah. trus..akhirnya tadi pagi telpon ke rumah..
Pertama yang ngomong Papi..(ayahku,red).
trus giliran Mami (ibuku,red).
tiba-tiba aja aku nangis..ga tau untuk alasan apa..
yang jelas suara mami begitu menggetarkan batin (seriusssss)..kyanya semua beban lepas..
Hmm,,nangisnya setelah telpon ditutup..malu kl ketauan nangis,,bukan takut dianggap cengeng..tapi takut bukin orang tua khawatir,,heheh

I miss you Mi,,Pi,,

Selalu ada kemudahan yang Allah berikan#2

Kalau kemaren berangkat jam 6 sampe kantor jam 7, hari ini berangkat jam 6 sampe kantor jam 6.30..(uniknya jakarta ya,,waktu tempuh bisa berbeda-beda,,tidak tergantung jarak..tapi tergantung hari,,kendaraan yang dipakai..hehe)..hmm,,kepagian emang,,tapi jadinya bisa ngenet dulu di kantor,,=p,,Alhamdulillah..

Di kantor belum ada kerjaan,,masih taraining..yang ngasih trainingnya orang Malaysia,,she always speak in English..kadang kurang ngerti apa yang dia omongin,,logatnya kan rada-rada melayu gitu..tapi kalo udah ga ngerti,,ya bisa lah sikit-sikit cakap melayu,,Karena besok dia mau pulang ke negaranya, jadinya hari ini dia memadatkan materi training gitu..akhirnya jam 6sore baru beres..huaahhh..hari yang melelahkan..but it's ok,,namanya juga kerja..

Malamnya tidur dengan sukses,,bener ga kerasa tau tau udah shubuh aja gitu,,Alhamdulillah

June 16, 2008

Selalu ada kemudahan yang Allah berikan#1

Tadi pagi aku berangkat dari bekasi barat ke Senayan, jarak yang jauh kata orang-orang, tapi Alhamdulillah..pagi tadi perjalanan cukup lancar, berangkat jam 6..sampe kantor jam 7. ternyata ada bis karyawan menuju plaza bapindo tapi bisa ditumpangi sama karyawan lain dengan ongkos 7000 rupiah saja,,bisnya ber AC dan nyaman. Alhamdulillah..

Sampe kantor,,ada perasaan takut..cemas,,dag-dig-dug,,pokoknya campur aduk jadi satu..maklum,anak baru:p..Alhamdulillah,,ternyata suasana di kantor menyenangkan,,orang-orang nya ramah, jadi ga canggung walaupun baru kenal..Alhamdulillah

Pulang dari kantor jam setengah 6..kata temen2 sekalian abis maghrib aja pulangnya, biar ga macet..apalagi ke bekasi..pasti mavet banget. Akhirnya pulang ba'da maghrib..Alhamdulillah, ada temen yang menawarkan pulang bareng,,sampe kalimalang aja sih,,tapi lumayan..hehe..dari sana nyambung pake angkot..Alhamdulillah pulang dengan selamat..

June 11, 2008

huaaaaahahhaahha..dag dig dug..

deg-deg an,,
menghadapi hari esok..
hmm..hmm..hmm..
-deg deg an tanpa alasan-

..semoga hari esok bisa dilewati dengan baik..

June 09, 2008

lucu aja gambarnya


di rumah sepi ga ada orang..akhirnya iseng browsing..huah,,nemu gambar lucu..trust me, I'm not that kind of friend..!!!

June 08, 2008

Emosiiii..Marah…

“ Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang bertakwa, yaitu orang yang berinfak baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali Imran 133-134)

***********

Siang itu sepulang pengajian pekanan di daerah cisitu, aku menaiki angkot sdg srg-caringin. Saat sampai di daerah holis, angkot yang aku tumpangi menyenggol gerobak sepeda. Entah siapa yang salah, akhirnya sopir angkot dan pemilik gerobak terlibat adu mulut dengan nada emosi.

Supir angkot : “Euh..tingali atuh lampu sen na, urang rek eureun yeuh..” (liat lampu sen dong, saya mau berhenti)

Pemilik gerobak : “ euh,,lalaunan atuh..kade” (pelan-pelan dong,,hati-hati)

Akhirnya pemilik gerobak melaju tanpa menghiraukan lagi supir angkot. Supir angkot kemudian berhenti dan turun memeriksa angkotnya. Mungkin terdapat goresan akibat senggolan dengan gerobak tadi. Akhirnya supr angkot mengejar pemilik gerobak dan berkata :” gentian euy angkot urang ruksak “

Pemili gerobak : “ Naon gentian naon?”

supir angkot : "Angkot urang kagores"

Dua-duanya berkata dengan emosi. Akhirnya, sang pemilik gerobak yang merasa tidak salah dan tidak perlu mengganti menjadi sangat emosi dan menantang supir angkot.

Pemilik gerobak :”kadieu lamun maneh wani urang gelut”. (kesini kalau berani kita berantem)

Supir angkot : “sok,,hayu gelut,,pokona gantian”. (ayo,,yang penting diganti)


Tiba-tiba pemilik gerobak mengeluarkan pisau dan berkata pada supir angkot : “ sok kadieu maneh..”

Supir angkot sepertinya takut dan langsung ngebut meningglakan pemili gerobak. Pemilik gerobak juga langsung ngebut mengayuh gerobaknya sambil mengejar angkot yang masih saya naiki.

Akhirnya saya turun karena memang sudah waktunya turun. Supir angkot buru-buru mengambil uang yang saya bayarkan dan langsung ngebut. Saya berhenti sejenak,,,masih deg-degan melihat emosi pemilik gerobak yang mengeluarkan pisau dan mengejar angkot. Tiba-tiba,,di depan saya lewat lah sang pemilik gerobak yang mengayuh gerobaknya dengan sangat cepat dan sebilah pisau yang ada di tangannya. Terlihat raut mukanya yang masih emosi.

MasyaAllah,,entah siapa yang salah, tapi dua-duanya salah karena tidak bisa menahan emosi. Kemudian aku hanya berdoa semoga supir angkot tadi tidak terkejar oleh sang pemilik gerobak dan mereka tidak dipertemukan dalam keadaan yang masih sama-sama emosi.

*******

Hmm,,perasaanku sewaktu di angkot itu deg-degan banget,,tegang,,takut terjadi sesuatu. Mungkin penumpang lain pun sama. Saat mereka terlibat adu mulut, saya dan penumpang lainnya hanya berkata : udah Pak,udah,,jangan emosi”. Dan ketika pemilik gerobak akhirnya mengeluarkan pisau,,saya dan penumpang lainnya diam. Mungkn berdzikir dalam hati..huah..semuanya takut kalau-kalau erjadi kasus pembunuhan, Supir angkot yang tadinya emosi pun langsung ngebut karena takut dikejar. Entah apa yang terjadi setelah aku turun dari angkot tadi. Yang jelas aku tidak mendapatkan berita “kasus pembunuhan supir angkot oleh pemilik gerobak” baik di TV maupun Koran. (Semoga memang tidak terjadi apa-apa….aamiiin)

Kalau melihat berita pembunuhan di TV dan Koran, sebagian besarnya diakibatkan oleh masalah sepele dan tidak bisa menahan emosi. Kejadian ini pun mungkin memberi hikmah pada kita semua bahwa emosi akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Subhanallah, pantes aja kalau Allah sampai membahas mengenai menahan amarah dalm AlQuran dan memberikan surga seluas langit dan bumi bagi orang-orang yang dapat menahan amarahnya,,karena (mungkin) menahan amarah dalah perbuatan yang tidak gampang dan tidak semua orang yang mampu menahan amarahnya. Dan balasan bagi perbuatan yang tidak gampang itu sangatlah istimewa. Semoga kita semua bisa menahan emosi dan amarah dalam mengahdapi berbagai masalah, sehingga kita semua dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah.


June 06, 2008

tentang kita

Selain berdiam,,,
mungkin tidak ada yang salah diantara kita
Sebaiknya kita sama-sama jujur,
agar memahami kemana kita akan melangkah.

Tea Lover


Aku adalah peminum. Peminum teh maksudnya. Setiap hari, paling ngga 4 cangkir besar teh yang kuminum. Pagi dan sore biasanya teh manis. Setelah makan siang dan malam sebelum tidur, teh hijau tanpa gula. Oh ya,,air putih tetep jadi minuman resmi setiap hari,,cuma teh ini adalah minuman tambahan. Orang-orang di rumah suka komentar, "kak,,jangan kebanyakan minum teh,,bahaya". Adik perempuanku bahkan menambahkan :" kalau kakak kebanyakan minum teh, nanti ususnya berkerak. Coba aja kakak bandingin gelas yang suka dipake minum teh sama gelas yang cuma dipake air putih aja, Gelas yang sering dipake minum teh, warnanya jadi kecoklatan. itukah akibat dari kebanyakan minum teh". hhm..komentar adikku yang baru kelas 1 sma itu bikin aku pemasaran. Bener ga ya? perasaan sering baca artikel tentang teh, dan kebiasaan minum teh itu sangat baik dan ga ada efek samping. Nah,,akhirnya browsing di google, dan ternyata banyak sekali manfaat teh ini. Ga ada efek sampingnya kok.

Berikut ini adalah 27 macam manfaat teh hijau yang didasarkan pada berbagai hasil penelitian.

  1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
  2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
  5. Menurunkan resiko terkena stroke
  6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
  7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
  8. Memperbaiki fungsi kognitif
  9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
  10. Mencegah sesak nafas
  11. Mengurangi stress
  12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
  13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
  14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
  15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
  16. Membantu menurunkan berat badan
  17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
  18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
  19. Mencegah osteoforosis
  20. Mencegah timbulnya alergi
  21. Melindungi lever
  22. Mencegah hepatitis
  23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
  24. Mengurangi bahaya merokok
  25. Memperlambat penuaan
  26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
  27. Mampu mencegah keracunan makanan
Huuuuuaaaaaaaaaahh,,,,Siip,,ternyata hobi minum teh sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hmm,,bagus-bagus..

..Akhir karir sebagai Pengajar..

Karirku sebagai pengajar Ekonomi dan akuntansi untuk siswa SMA dimulai Januari 2004, di sebuah bimbingan belajar yang seringkali disingkat NF. Hmm,,mungkin banyak yang bertanya, kok bisa jadi pengajar Ekonomi dan akuntansi, bukan Matematika atau IPA?Ya,,di situlah uniknya. Aku memang menyukai pelajaran ekonomi,,dan setelah dijalani,,ternyata mengajar ekonomi cukup menyenangkan. Kalau di kuliah sering berkutat dengan angka, statistik, ipa, teknik, di ekonomi aku menemukan kesenangan lain. Belajar teori makro, mikro, dan hitung keuangan. Heheh. Jadi, kalu lagi bosen sama pelajaran kuliah di TI, bisa terobati dengan belajar&mengajar ekonomi.

Bagiku sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dengan orang lain, apalagi bisa bertemu dengan adik2 SMA dengan segala karakteristik anak mudanya. Dengan mengajar, banyak sekali manfaat yang didapatkan (disamping manfaat financial :p), seperti :

- mendapat pahala sebagai amal Jariyah (kan mengajarkan ilmu yang bermanfaat,,hehe,,insyaAlah..)

- Memperluas wawasan keilmuan, terutama ekonomi. (kalau di NF, tiap pengajar mengadakan rapat kerja tiap semesternya. Selain membahas soal, juga membahas perkembangan ilmu ekonomi)

- Melatih kemampuan komunikasi. (Disini aku belajar bagaimana supaya apa yang akau sampaikan dapat dimengerti dengan mudah oleh siswa)

- Belajar sabaaaaaaar. (ya iyalah,,kebayang ga menghadapi anak2 SMA yang suka rebut sendiri,,kadang bikin ulah,,yah,,mirip kaya waktu zaman kita muda dulu lah..=)

- Belajar menghargai guru dan dosen. ( setelah mersakan sendiri suka duka sebagaia pengajar..jadi sadar betapa besar jasa guru dan dosen..huhu..termaksih guruku dimanapun kau berada,,maaf kalau pernah bikin salah)

- Belajar menjadi teman curhat yang baik. ( Yup,,kadang ada siswa yang minta konsultasi masalah pelajaran,,dan ada juga yang akhirnya jadi konsultasi masalah pribadi. Ya,,belajar menjai pendengar yang baik)

- Dll masih banyak lagi, pokoknya semuanya menjadi pelajaran dan hikmah buat menghadadi hidup..

Oktober 2007, karirku seagai pengajar NF selesai karena satu dan lain hal..alasan utamanya karena sudah punya kesibukan lain..heheh. Sedih juga sih, meningglakan dunia mengajar yang hamper 4 tahun dilakonin,,tapi mau gimana lagi..udah jalannya.


Beruntungnya, di awal Maret 2008 aku bisa kembali lagi mengajar. Kali ini mengajar privat. Tapi subjeknya sama : ekonomi dan akuntansi. Walaupun hanya seminggu sekali, tapi kegiatan mengajar ini jadi sangat menyenagkan (maklumlah..udah lama jadi pengangguran:p). Karena rumahku di Cimahi, dan rumah adik privatku di kiara condong (dari ujung dunia satu ke ujung dunia lainnya),, akhirnya diputuskan tempat les nya di selasar masjid salman saja..Adik privatku ini adalah adik kandung temanku eka. (giman ka kesan adikmu ? kalu puas beritahu kwan, kalau tidak puas, hubungi kami..heheeh). Tepat rabu kemarin, 4 juni 2008, adalah saat terakhir aku mengajar. Hiks..hiks,,sedihnya..walaupun masih bisa sih, ngajarin adiku di rumah..tapi klau ngajarin adik sendiri rasanya beda,,suka ga sabaran,,(maafkan kakak ya..piss). Ya begitlah, akhirnya karirku sebagai pengajar telah berkahir,,dan aku harus berkarir di bidang lainnya. Semoga karir yang aku jalani juga akan membawa berkah dan kebaikan,,,,,amiiiiiiin.

Ps : makasih ya buat rekan2 pengajar NF dan semua adik2 NF,,atas pembelajarannya selama ini.

June 04, 2008

Perbedaan Bukan Berarti Permusuhan

Sedih hati ini melihat kerusuhan di Monas 1 Juni lalu. Kerusuhan berbuntut panjang sampai melibatkan beberapa ormas , yang menuntut pembubaran dan tuntutan sana – sini. Lebih sedih lagi karena pertikaian itu ada di kalangan sesama muslim sendiri. Saudaraku, bukankah Islam itu menjunjung tinggi perdamaian. Apakah dengan cara ini masalah jadi terselesaikan? Masih banyak masalah umat yang lebih besar, Malu dengan musuh kita, yang tertawa melihat hancurnya umat ini karena ulahnya sendiri. Bukankah lebih baik kita bersama-sama menata kembali diri ini, sehingga dari diri yang belajar menjadi baik ini, akan berbuah kebaikan pula. Memang kita tak bisa sendiri menghadapai masalah ini, namun apa lah artinya bersama jika anarkisme dikedepankan ?

Pasti ada cara yang lebih baik, dan butuh kesabaran untuk bersama-sama menegakkannya.

*****

Perbedaan diantara kita. Menjadi warna di kehidupan.Sehingga dunia tetap berputar mengiringi zaman. Lihat saja di sekitar kita, alam berpadu berjuta warna. Saling berkait, menyatu diri atas sunnah Illahi.

Tapi mengapa kita manusia tiada menyadari. Setiap perbedaan yang ada menjadi tragedi. Kita saling bermusuhan. Kita saling benci. Pertikaian, peperangan, membawa kita pada kehancuran.

(taken from Snada)

Semoga dari lirik di atas bisa diambil hikmahnya.

*****

June 03, 2008

Antara Bekasi dan Karet

Kalau teman-teman dihadapkan pada situasi sepeti ini, manakah yang akan dipilih:

Selama 2 minggu, anda akan bekerja di Jakarta, tepatnya di Sentral Senayan. Tempat tinggal manakah yang akan dipilih dari 2 alternatif akhir ini:

Alternatif 1:

Terletak di daerah kebon karet. Hanya membutuhkan waktu 15-20 menit untuk sampai ke lokasi tempat kerja. Fasilitas : kamar non AC, sarapan dan makan malam tidak disediakan.

Alternatif 2:

Fasilitas : kamar luas, AC, tersedia sarapan dan makan malam, akses internet, TV. Terletak di Bekasi Barat. Membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke lokasi tempat kerja.

*****

Awalnya aku memutuskan untuk memilih alternatif 1, dengan pertimbangan jarak tempuh ke lokasi kerja yang cukup dekat. Tapi, alternatif 2 cukup menarik untuk dijadikan alasan meningalkan alternatif 1. Setelah bujuk rayu (*ciih,,bahasanaya) sepupu dan Om&Tante ku yang juga tinggal di alternatif 2, akhirnya aku memutuskan untuk memilih alternative 2. Semoga waktu 1 jam untuk mencapai lokasi kerja bisa dilalui dengan aman, nyaman, dan bahagia. Kesannya 1 jam itu gimana gitu..jauh dan lama banget,,tapi kalau dipikir lagi, InsyaAllah ga segitunya kok,,sama aja kaya perjalanan rumah (cimahi) – ITB yang Selama 4 tahun terakhir ini dijalanin. Lagian ini cuma untuk 2 minggu aja kok..hehehe,,berusaha mencari argumen pendukung lainnya untuk memantapkan pilhan pada alternatif 2.

May 31, 2008

yang tersirat aja..

Setelah blog walking dan membaca beberapa tulisan teman-teman di blog,,kadang ada komentar-komentar dalam hati. Misalnya setelah membaca tulisan tentang isu bangsa atau nasional, terbesit dalam hati :”wah,,keren nih orang, cepat tanggap sama masalah bangsa”.

Setelah membaca tulisan yang berkaitan dengan Islam, terbesit dalam hati:”wah,,keren nih orang, selalu mengaitkan persoalan pada agama”.

Setelah membaca tulisan tentang pengalaman sehari-hari, cerita tentang diri, ataupun curhat, terbesit dalam hati:”wah,,keren nih orang, mau terbuka dan berbagi sama orang lain”.

Pokoknya setelah blog walking dan membaca berbagai tulisan orang, selalu terbesit bahawa banyak sekali orang-orang keren di luar sana. Mereka meramu semuanya menjadi bahan tulisan dalam blog. Mereka mau terbuka, jujur, dan memberi pencerahan buat orang lain.

Jadi kepikiran. Kalau ada orang yang baca blog ku ini suka mikir apa ya? Kalau mikirnya positif dan bisa mengambil manfaat dari blog ini,,Alhamdulilliah. Tapi kalau ternyata blog ini Cuma buat menuh-menuhin postingan dan menyalurkan curhatan ga jelas dari diri ini,,wah,,bikin orang rugi aja. Buang-buang waktu buat bacaan ga jelas.

Udah ah,,terserah orang mau bilang apa. Semoga dari niat dan cara yang baik,,akan berbuah kebaikan juga. Bismillah..yang penting terus belajar buat nulis..seripta moment verba volant – yang tertulis akan mengabdi, yang terucap hanya berlalu bersama angin-


p.s:

Terima kasih untuk siapapun di dunia blog yang telah menjadi inspirasi. Semoga terus lebih baik dan bermanfaat..

May 30, 2008

Riak hati

Ada riak dalam hati
yang kadang datang dan pergi
bila bertemu
tak perlu menyalahkan
mengapa tiba-tiba
sekelebat rasa menyapa hati
yang perlu dilakukan adalah,
apa yang kemudian dipilih
setelah tahu hati sedang bicara
bagiku sederhana
hati bisa berubah
Cukup memohon pada pencipta hati
tetapkanlah pada jalan-Nya
Biar Ia yang memilihkan caranya