December 05, 2008

..Menyambut Bulan Dzulhidjah..

Hari-hari ini kita telah memasuki hari - hari istimewa di Bulan Dzulhijah..Ada beberapa amalan yang disunahkan pada bulan ini, diantaranya:

a.Shalat
Disunnahkan bersegera mengerjakan shalat fardhu dan memperbanyak shalat-shalat sunnah, karena semua itu merupakan ibadah yang palingutama.

b.Shaum(Puasa)
Dari Hunaidah bin Kholid dari istrinya dari sebagian istri-istri Rasulullah SAW,dia berkata: "Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berpuasa padatanggal 9 Dzul Hijjah, sepuluh Muharram dan tiga hari setiap bulan"(Riwayat Imam Ahmad, Abu Daud dan Nasa’i).

c.Takbir, Tahlil dan Tahmid
Dari Ibnu Umar radiallahuanhu dia berkata: Rasulullah bersabda: Tidak adahari-hari yang lebih besar di sisi Allah Ta’ala dan tidak ada amalperbuatan yang lebih dicintai selain pada sepuluh hari itu. Makaperbanyaklah pada hari-hari tersebut Tahlil, Takbir dan Tahmid " (RiwayatTabrani dalam Mu’jam Al Kabir)

d.Puasa hari ArafahPuasa Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak pergi haji,sebagaimana riwayat dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bahwabeliau berkata tentang puasa Arafah (yang artinya): "Saya berharap kepadaAllah agar dihapuskan (dosa)setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya"(Riwayat Muslim).

e.Berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrieq
Berkurban merupakan ibadah yang di syariatkan dalam agama Islam, sebagaiibadah untuk mendekatkan diri bagi seorang hamba kepada Allah Swt. FirmanAllah Swt dalam surat Al Kautsar ayat 1-3:
"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak (1) Makadirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah( 2) Sesungguhnyaorang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus" (QS AlKautsar :1-3).


Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakadah (sangat dianjurkan) bagi mereka yang mampu secara materi. Ini seperti dijelaskan oleh RasulullahSaw, "Barang siapa memiliki kelapangan rizki (keuangan), lalu ia tidakberkurban, maka janganlah ia datang ke tempat shalat kami,"(HR.Ahmad) .

So, buat temen-temen yang telah mampu atau kuasa menyembelih hewan kurban, tanpa ragu lagi marilah melaksanakannya sebagai usaha untukmendekatkan diri kepada Allah Swt.

Perintah melaksanakan ibadah kurban mempunyai beberapa keutamaan,diantaranya:
1. Pengampunan dari Allah Swt.
Rasulullah Saw telah bersabda kepadaanaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban.”YaFatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamulakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku danmatiku hanya untuk Allah Swt, Rabb alam semesta (HR. Abu Daud danAt-Tirmizi)

2. Mengharap keridhaan dari Allah Swt.
Allah Swt telah berfirman:"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai(keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya" (QS:Al Hajj:37)

3. Ibadah kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah padahari Raya Idul Adha.
“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allahdari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewankurban”. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)

4. Hewan kurban sebagai saksi di hari kiamat.
“Sesungguhnya hewankurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk,bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu,bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan hakim)

5. Mendapatkan pahala yang besar.
Pahala yang amat besar, diumpamakan seperti banyaknya bulu dari binatang yang disembelih, ini merupakan penggambaran saja tentang betapa besarnya pahala itu.
Rasulullah SAW bersabda, "Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

***
Jadi teman-teman, menyambut Idul Adha ini..kita Puasa yuuuk tanggal 9 Dzulhidjah,,itu bertepatan pada hari Minggu (7 Desember),,jangan lupa ya,,;)

Trus,,temen2 yang sudah berpenghasilan,,atau bulan ini punya penghasilan,,belum berpenghasilan tapi punya kelapangan rezeki..Marii..mariii,,ikut berkurban,, semoga Idhul Adha kali ini dapat meningkatkan ketaqwaan kita..amiin..

***


No comments:

Post a Comment