June 06, 2008

..Akhir karir sebagai Pengajar..

Karirku sebagai pengajar Ekonomi dan akuntansi untuk siswa SMA dimulai Januari 2004, di sebuah bimbingan belajar yang seringkali disingkat NF. Hmm,,mungkin banyak yang bertanya, kok bisa jadi pengajar Ekonomi dan akuntansi, bukan Matematika atau IPA?Ya,,di situlah uniknya. Aku memang menyukai pelajaran ekonomi,,dan setelah dijalani,,ternyata mengajar ekonomi cukup menyenangkan. Kalau di kuliah sering berkutat dengan angka, statistik, ipa, teknik, di ekonomi aku menemukan kesenangan lain. Belajar teori makro, mikro, dan hitung keuangan. Heheh. Jadi, kalu lagi bosen sama pelajaran kuliah di TI, bisa terobati dengan belajar&mengajar ekonomi.

Bagiku sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dengan orang lain, apalagi bisa bertemu dengan adik2 SMA dengan segala karakteristik anak mudanya. Dengan mengajar, banyak sekali manfaat yang didapatkan (disamping manfaat financial :p), seperti :

- mendapat pahala sebagai amal Jariyah (kan mengajarkan ilmu yang bermanfaat,,hehe,,insyaAlah..)

- Memperluas wawasan keilmuan, terutama ekonomi. (kalau di NF, tiap pengajar mengadakan rapat kerja tiap semesternya. Selain membahas soal, juga membahas perkembangan ilmu ekonomi)

- Melatih kemampuan komunikasi. (Disini aku belajar bagaimana supaya apa yang akau sampaikan dapat dimengerti dengan mudah oleh siswa)

- Belajar sabaaaaaaar. (ya iyalah,,kebayang ga menghadapi anak2 SMA yang suka rebut sendiri,,kadang bikin ulah,,yah,,mirip kaya waktu zaman kita muda dulu lah..=)

- Belajar menghargai guru dan dosen. ( setelah mersakan sendiri suka duka sebagaia pengajar..jadi sadar betapa besar jasa guru dan dosen..huhu..termaksih guruku dimanapun kau berada,,maaf kalau pernah bikin salah)

- Belajar menjadi teman curhat yang baik. ( Yup,,kadang ada siswa yang minta konsultasi masalah pelajaran,,dan ada juga yang akhirnya jadi konsultasi masalah pribadi. Ya,,belajar menjai pendengar yang baik)

- Dll masih banyak lagi, pokoknya semuanya menjadi pelajaran dan hikmah buat menghadadi hidup..

Oktober 2007, karirku seagai pengajar NF selesai karena satu dan lain hal..alasan utamanya karena sudah punya kesibukan lain..heheh. Sedih juga sih, meningglakan dunia mengajar yang hamper 4 tahun dilakonin,,tapi mau gimana lagi..udah jalannya.


Beruntungnya, di awal Maret 2008 aku bisa kembali lagi mengajar. Kali ini mengajar privat. Tapi subjeknya sama : ekonomi dan akuntansi. Walaupun hanya seminggu sekali, tapi kegiatan mengajar ini jadi sangat menyenagkan (maklumlah..udah lama jadi pengangguran:p). Karena rumahku di Cimahi, dan rumah adik privatku di kiara condong (dari ujung dunia satu ke ujung dunia lainnya),, akhirnya diputuskan tempat les nya di selasar masjid salman saja..Adik privatku ini adalah adik kandung temanku eka. (giman ka kesan adikmu ? kalu puas beritahu kwan, kalau tidak puas, hubungi kami..heheeh). Tepat rabu kemarin, 4 juni 2008, adalah saat terakhir aku mengajar. Hiks..hiks,,sedihnya..walaupun masih bisa sih, ngajarin adiku di rumah..tapi klau ngajarin adik sendiri rasanya beda,,suka ga sabaran,,(maafkan kakak ya..piss). Ya begitlah, akhirnya karirku sebagai pengajar telah berkahir,,dan aku harus berkarir di bidang lainnya. Semoga karir yang aku jalani juga akan membawa berkah dan kebaikan,,,,,amiiiiiiin.

Ps : makasih ya buat rekan2 pengajar NF dan semua adik2 NF,,atas pembelajarannya selama ini.

1 comment:

  1. emang sekarang berkarir diman kak??
    tukeran link yukz..

    ReplyDelete